Kerajinan Tangan dari Sedotan

Tahukah kamu jika sedotan yang biasanya hanya dipakai sebagai sedotan untuk meminum minuman ternyata dapat diubah menjadi kerajinan tangan yang cantik dan menarik. Nah bagi kamu yang saat ini sedang mencari informasi tentang cara membuat kerajinan tangan dari sedotan kamu bisa membaca tulisan ini sampai selesai.

Kerajinan ini memiliki nilai positif yaitu membantu mengurangi jumlah sampah plastik yang sulit diurai oleh alam. Walapun saat ini telah banyak muncul berbagai macam bentuk kerajinan yang baru serta lebih moderen, banyak orang yang beralih ke kerajinan yang memanfaatkan barang bekas salah satunya adalah kerajinan tangan dari sedotan ini.

Masih banyak orang yang membuat kerajinan tangan dari sedotan karena bahannya yang mudah diperoleh dan harga bahan bakunya yang murah serta apabila sudah jadi bisa kita jadikan hiasan untuk mempercantik rumah dan juga bisa dijual dengan harga yang lumayan. Jika kita bandingkan bunga yang terbuat dari bahan sedotan plastik memang harganya lebih murah dibanding harga bunga yang terbuat dari bahan plastik. Tetapi nilai seninya lebih tinggi kan karena dibuat dengan tangan secara manual.

Boleh dibilang ditangan orang kreatif peluang usaha sedotan plastik ini cukup menjanjikan. Selain membantu mengurangi pemcemaran lingkungan, bunga berbahan sedotan lebih tahan lama asalkan disimpan dengan benar ditempat yang terlindung dari cahaya matahari karena panas matahari dapat memudarkan warna sedotan.

Dasar-dasar Membuat Kerajinan Tangan dari Sedotan



Sambil memanfaatkan waktu senggang cobalah kamu belajar berkreasi membuat karya seni berbahan sedotan plastik. Selain bisa mengisi kekosongan waktu luang kamu juga bisa memperoleh hiasan untuk memperindah rumah kamu bahkan mungkin bisa kamu jual dan mendapatkan uang.

Ada baiknya terlebih dahulu kamu paham ilmu dasar membuat bunga dari sedotan plastik sebelum kamu membuat kerajinannya agar lebih mudah nantinya dalam membuat kerajinan ini.

Untuk membuat bunga berbahan sedotan, setidaknya terdapat dua macam cara yang dapat dipakai yaitu:
  1.  Menyusun dengan cara bertumpuk dikala saat membuat berbagai kreasi bunga mawar, tulip anggrek dan lili.
  2. Dan cara yang kedua yaitu dengan menjahitnya dengan memakai kawat. Cara ini umum dipakai saat kita membuat bungai seperti teratai.

Alat dan Bahan yang diperlukan Untuk Membuat Bunga dari Sedotan

Setelah kamu tahu ilmu dasar membuat kerajinan tangan dari sedotan langkah berikutnya adalah menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan dalam proses pembuatan karya seni ini. Ada beberapa bahan dan alat yang diperlukan untuk memudahkan kita saat merangkai bunga dari sedotan plastik. Berikut ini adalah beberapa bahan dan alat yang diperlukan.

1. Sedotan plastik berbagai warna.
2. Kelopak serta putik bunga plastik
3. Alat potong seperti cutter atau gunting yang tajam.
4. Tang.
5. Lem plastik.
6. Jarum untuk menjahit.
7. Kunci bekas.
8. Korek api dan atau lilin.
9. Kawat dan lidi.
10. Kertas krep/kertas pita
11. Vas bunga/bisa juga menggunakan bekas botol plastik berwarna.

Jika semua bahan dan alat diatas sudah ada, langkah selanjutnya adalah memulai belajar membuat kreasi bunga cantik berbahan sedotan. Berikut ini ada beberapa langkah dan cara membuat aneka bunga dari sedotan plastik.

Cara Membuat Bunga Teratai Biasa dari Sedotan


Bunga teratai merupakan bunga yang mempunyai keindahan yang luar biasa pada warna dan bentuknya. Bunga ini hidup dengan cara mengapung pada permukaan air.

Tumbuhan ini dapat kita temukan hidup pada perairan yang tenang seperti danau. Bunga ini mempunyai keunikan yang cukup unik yaitu saat tumbuhan ini hidup pada perairan yang airnya keruh warna bunga ini justru akan semakin cemerlang. Berikut adalah langkah-langkah membuat bunga teratai dari sedotan plastik.

  1. Untuk membuat satu tangkai bunga teratai biasa memerlukan 12 buah batang sedotan, 1 buah sedotan akan di bagi menjadi 4 bagian, Jadi nantinya jumlah semua sedotan yang sudah dipotong ada 48 buah helai sedotan.(lihat gambar nomor 1)
  2. Setelah semua potongan jadi guntinglah dengan pola seperti pada gambar nomor dua. Caranya mulailah menggunting pada bagian pangkal dengan besar sekitar 2/3 dari lebar sedotan.(lihat gambar nomor 3)
  3. Pada bagian ujung yang lancip digunakan sebagai patokan agar panjang dari masing-masing potongan hasilnya sama.(lihat gambar nomor 4)
  4.  Kemudian bukalah potongan sedotan yang tadi kamu potong lancip. kemudian lipat keluar mengikuti garis dari sedotan. Setelah itu lipat balik lagi di bagian pangkal dari kelopak bunga ingat hanya bagian pangkalnya saja sekitar 1/3 dari bagian pangkal kelopak.( lihat gambar nomor 5)
  5. Langkah selanjutnya yaitu tusuk bagian pangkal dari kelopak memakaki jarum suntik(lihat gambar nomor 6 dan 7), Kemudian masukkanlah kawat dari bagian ujung jarum yang berlubang(lihat gambar nomor 8)
  6. Setelah itu lakukan hal tersebut sampai kawat selesai dimasukkan ke seluruh kelopak bunga.(lihat gambar nomor 9).
  7. Kemudian ikatlah kelopak-kelopak tadi dengan cara melingkarkan beberapa kali sisi kawat ke satu sisi kawat yang lain. Setelah itu serutlah supaya kelopak bunga tersebut menyatu semuanya(lihat gambar nomor 10).
  8.  Kemudian tambahkan putik pada bagian atas dan kelopak plastik pada bagian bawah bunga tersebut(lihat gambar nomor 11 dan 12).
  9.  Langkah berikutnya guntinglah sisa kawat dan rapikan kelopak-kelopak bunga tersbut. Dan selesai bunga teratai biasa hasil kreasi tanganmu selesai dibuat.


Cara Membuat Bunga Teratai Susun dari Sedotan



Membuat bunga teratai susun dari sedotan caranya hampir sama dengan membuat bunga teratai biasa hanya terdapat sedikit perbedaan mendasar saja, silahkan disimak selengkapnya di bawah ini.

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat kerajinan bunga teratai susun dari sedotan.
  1. Langkah pertama adalah potong 1 sedotan menjadi 4 bagian, dan buatlah 16 potongan sedotan plastik.(lihat gambar 1)
  2. Langkah kedua adalah potong 1 sedotan menjadi 5 bagian (4,7 centimeter), buatlah 32 potongan sedotan plastik.(lihat gambar nomor 2)
  3.  Langkah ketiga adalah potong 1 sedotan menjadi 6 bagian, buatlah 16 potongan sedotan plastik.(lihat gambar nomor 3)
  4.  Langkah berikutnya adalah guntinglah sedotan tadi dengan pola sama dengan cara membuat bunga teratai biasa. Perbedaannya yaitu cara dalam menyusun kelopak bunga saat jarum suntik ditusukkan. Pola penusukkannya sebagai berikut : 3 2 1 2 3 2 1 2 3.(lihat gambar nomor 4), nomor urutan tadi merupakan nomor potongan berdasarkan gambar nomor satu, dua dan tiga.
  5. Kemudian tusuklah dengan jarum suntik seperti pada gambar nomor 5.
  6.  Kemudian pindahkanlah ke kawat, lakukan langkah tersebut sampai smua kelopak masuk ke kawat. Lalu pasang putik serta kelopak dan atur kelopak bunga sesuai ukuran dari kecil sedang ke besar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Replika prahu layar dari kertas koran bekas

Kerajinan Tangan dari Kaen Flanel berbentuk gantungan kunci kodok yang sangat lucu

kerajinan membuat bingkai foto dari bambu